0




PANDANGAN UMUM
FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
TERHADAP:

RANCANGAN PERATURAN DAERAH
TENTANG
PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN



Assalamu ‘alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

Ykh. Saudara Ketua Rapat Paripurna
Ykh. Saudara Bupati Sleman
Ykh. Anggota Forpimda dan Ketua Pengadilan Negeri Sleman
Ykh. Saudara Sekretaris Daerah beserta jajaran Eksekutif,
Ykh. Rekan-rekan anggota DPRD, rekan Pers, tamu undangan dan hadirin yang berbahagia,

Alhamdulillah, puji dan syukur Kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas berbagai limpahan rahmat dan karunia yang diberikan kepada kita semua, sehingga hari ini Selasa  23 Agustus 2016, kita bisa mengikuti Rapat Paripurna dalam rangka menunaikan tugas sebagai wakil rakyat. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, serta pengikutnya yang konsisten hingga hari akhir

Hadirin Sidang Paripurna Yang Kami Hormati,
Ucapan terima kasih Kami sampaikan kepada Pimpinan Sidang yang telah memberikan kesempatan kepada Kami untuk menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda: PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN. Demikian pula kami juga mengucapkan terima kasih kepada Saudara Bupati  yang telah menyampaikan Nota Pengantar Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman tersebut diatas, pada Rapat Paripurna DPRD tadi siang. Tidak ketinggalan kepada rekan-rekan DPRD dan SKPD-SKPD terkait, atas kerjasama dan sumbang saran serta partisipasinya dalam pembahasan raperda dimaksud, sehingga menambah masukan bagi Fraksi PKB dalam mensikapi, menelaah dan mengkritisi demi kesempurnaan raperda tersebut. Namun sebelumnya kami akan selalu mengingatkan kembali keberadaan Masjid Agung Sleman yang butuh penanganan serius dari kita semua, agar kedepan kita mempunyai Masjid yang betul-betul menjadi kebanggaan Masyarakat Sleman baik dari sisi bangunan maupun  pengelolaannya.

Hadirin Sidang Paripurna Yang Kami Hormati,
Setelah kami menganalisa dan mempelajari Pengantar Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman termaksud, meskipun dalam waktu yang sangat terbatas, pada kesempatan ini, akan disampaikan Pandangan Umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa sebagai berikut:


I. PENDAHULUAN
SOTK singkatan dari Struktur Organisasi dan Tata Kerja yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang oleh masyarakat dikenal dengan istilah instansi pemerintah di tingkat kota/ kabupaten ataupun provinsi. Mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, setiap pemerintah daerah mau tak mau harus menyesuaikan susunan atau struktur organisasi yang ada di daerah, tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Sleman. Memang, perubahan SOTK tersebut tentunya akan membawa konsekuensi tersendiri, baik bagi pemerintah daerah sendiri maupun bagi masyarakat pengguna layanan pemerintah. Perubahan SOTK, tentu saja akan berimbas pada perombakan dalam berbagai hal, baik secara fisik maupun administratif.
Yang perlu dipahami oleh semua pihak adalah bahwa perubahan SOTK yang efektif akan dimulai pada tahun 2016 ini, dilakukan untuk mengemban amanat dari negara yang mempunyai tujuan melakukan efisiensi dan efektivitas kinerja dari pemerintah dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian, dengan SOTK baru nantinya, Pemerintah Kabupaten tuntut untuk tetap meningkatkan kinerjanya.
Memang, dengan berharap akan dapat mencapai efektivitas dan efisiensi, beberapa SKPD harus dilebur dengan SKPD lain. Sementara itu sejumlah SKPD juga mengalami perubahan status, dari Dinas menjadi Kantor atau Badan, ada Dinas yang digabungkan dan ada yang berdiri sendiri. Diharapkan dengan SOTK yang baru akan meningkatkan kinerja. Tentunya Pemerintah Kabupaten Sleman menyusun organisasi di lingkungannya dengan satu harapan bahwa roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya, didukung dengan aparatur yang bersemangat dan loyalitas tinggi.

           II. PEMBAHASAN
Sehubungan hal tersebut, maka Fraksi PKB menyampaikan pandangan yang bersifat kritis beberapa diantarannya:
1.    Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman tentu sudah memetakan mana2 Dinas, Badan atau Kantor yang beban kerja dan programnya besar dan banyak maka di sesuaikan dengan tipe yang pas, ukuran untuk menentukan tipe-tipe itu tolok ukurnya apa saja?
2.    Penggabungan Dinas, Badan dan Kantor seyogyanya ada pertimbangan yang sama rumpunnya sehingga lebih efektif dan efisien, mohon tanggapan?
3.    Mengenai Dinas, Badan dan Kantor yang terkait dengan pelayanan masyarakat tetap harus lebih di utamakan dan dipikirkan,  mohon tanggapan?
4.    Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tipe B, menurut FPKB ini kurang pas karena beban kerja serta programnya besar, karena itu FPKB mengusulkan Dinas tersebut tipe A, mohon tanggapan.
5.    Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Tipe C, FPKB menganggap Pemerintah Daerah tidak berpihak kepada para Pengusaha yang semestinya butuh support, dukungan dan bantuan dari Pemerintah Daerah. Karena itu FPKB mengusulkan untuk Dinas tersebut masuk Tipe B, mohon tanggapan.
6.        Dengan adanya Perda Pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Pemkab Sleman ini mohon agar Badan Aset dan Badan Pendapatan Daerah untuk dijadikan satu satuan kerja, mohon tanggapan.

7.        Untuk eksistensi dinas pasar agar tetap dipertahankan, mengingat Kabupaten Sleman ini memiliki banyak sekali pasar tradisional yang harus dikelola oleh Dinas Pasar, mohon tanggapan.

8.        Dengan adanya SOTK yang baru dimohon untuk belanja aparatur negara tidak membebani APBD, mohon tanggapan.










III. PENUTUP
Hadirin Sidang Paripurna Yang Kami Hormati,
Demikian Pandangan umum Fraksi PKB terhadap PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN Mohon tanggapan yang proporsional dari Saudara Bupati dan  Mohon maaf apabila kami di dalam menyampaikan Pandangan Umum ini ada hal yang tidak berkenan.
Semoga Allah SWT meridhoi setiap upaya kita dalam menjalankan amanah rakyat ini. Aamiin.
Akhirul kalam wassalaamu’alaikum Wr, Wb.

Sleman, 23 Agustus 2016
DEWAN PERWAKILAN  RAKYAT  DAERAH KAB. SLEMAN
FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (FPKB)







Tri Nugroho,SE
Ketua

Rahayu Widi Nuryani SH,MH               Sekretaris

Post a Comment

 
Top