0


 
PANDANGAN UMUM
FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
TERHADAP:
RAPERDA TENTANG PERUBAHAN ATAS
PERATURAN DAERAH KABUPATEN SLEMAN NOMOR 10 TAHUN 2010
TENTANG PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SLEMAN


Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Yang kami hormati Saudara Ketua Rapat Paripurna
Yang kami hormati Saudara Bupati Sleman
Yang kami hormati Unsur Forpimda dan Ketua Pengadilan Negeri Sleman
Yang kami hormati Saudara Sekretaris Daerah beserta jajaran Eksekutif,
Yang kami hormati Saudara Rekan-rekan anggota DPRD, rekan Pers, tamu undangan dan hadirin yang berbahagia,


Alhamdulillah, marilah bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Pemurah atas limpahan rahmat, karunia dan berkah dalam kehidupan kita, sehingga kita dapat bersilaturahmi dan dipertemukan kembali dalam rapat paripurna Penyampaian Pandangan umum Fraksi-Fraksi terhadap  Raperda Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2010 Tentang PDAM Sleman pada saat ini  dalam keadaaan sehat wal afiat dan penuh keberkahan.
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada uswah hasanah kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat yang selalu setia mengikutinya dan semoga kelak kita sekalian senantiasa mendapatkan safaatnya. Amin.

Rapat Paripurna Dewan yang terhormat dan hadirin yang berbahagia
Mengawali penyampaian pemandangan umum ini, izinkanlah kami dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa menyampaikan ucapan terima kasih :
·        Yang pertama kepada Saudara Bupati Sleman yang telah menyampaikan Nota Penjelasan atas Raperda tentang Perubahan Perda Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2010 Tentang PDAM Sleman pada hari Rabu, 7 Desember 2016.

·        Yang kedua, kepada Pimpinan Rapat paripurna Dewan yang berkenan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyampaikan: Pemandangan Umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Terhadap Raperda tentang Perubahan Perda Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2010 Tentang PDAM Sleman
Sebelum kami menyampaikan pandangan umum fraksi, perkenankan Kami selalu mengingatkan kembali pentingnya Masjid Agung Sleman sebagai ikon umat islam di Kabupaten Sleman yang butuh perhatian kita bersama. Mari kita ramaikan sholat fardhu berjamaah di Masjid Agung, khususnya pada jam kerja minimal sholat dhuhur berjamaah.

Rapat Paripurna Dewan yang terhormat dan hadirin yang berbahagia
Setelah mencermati, dan mempelajari Nota penjelasan, draf raperda dan masukan dari berbagai pihak. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa memandang perlu untuk memberikan catatan, pertanyaan dan pernyataan dalam pemandangan umum ini terhadap raperda tersebut:

I. PENDAHULUAN
Sebagaimana disampaikan Saudara Bupati dalam Nota Penjelasan atas Raperda Perubahan Perda Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2010 Tentang PDAM Sleman bahwa PDAM Sleman tahun 1997 dalam rangka peningkatan kapasitas produksi mengikuti program pinjaman dari Pemerintah Pusat sebesar 8 milyar dengan bunga 11.5% dan denda keterlambatan 6.5% yang jatuh tempo tahun 2001. Semula kami melihat bahwa perencanaan keuangan PDAM Sleman pada saat itu tidak baik, utang yang 8 milyar membengkak hingga 28 milyar, namun kami menyadari bahwa utang tersebut adalah warisan masa lalu ketika terjadi krisis moneter tahun 1997 dan tidak hanya PDAM Sleman saja yang memanfaatkan pinjaman tersebut tetapi ada 175 PDAM diseluruh Indonesia. Untuk itu kami FPKB merespon positif kepada pemerintah pusat yang telah memberikan hibah non kas untuk digunakan sebagai dasar penyertaan modal kepada Perusahaan Daerah Air Minum Sleman, sebagaimana termaktub dalam raperda ini.

II TANGGAPAN
Berkaitan dengan Raperda tentang Perubahan Perda Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2010 Tentang PDAM Sleman Fraksi PKB memberikan pandangan sebagai berikut:
1.    Barkaitan dengan pasal 12 ayat (1) huruf b, dimana pemerintah daerah akan segera menyetor penyertaan modal sebesar Rp. 50 milyar meskipun secara bertahap dan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah sebagaimana disebutkan dalam ayat (2). Apakah adanya perda ini tidak mengubah kebijakan APBD tahun anggaran 2017. Mohon Tanggapan

2.    Berkaitan dengan penambahan Pasal 12 huruf c yang berbunyi “ modal yang berasal dari hibah non kas sebesar  Rp. 16.744.712.224,08 (enam belas milyar tujuh ratus empat puluh empat juta tujuh ratus dua belas ribu dua ratus dua puluh empat rupiah delapan sen) dan di pasal 13 ayat (1) “lain-lain sumber modal yang sah sebesar Rp. 16.926.561.093 (enam belas milyar sembilan ratus duapuluh lima juta lima ratus enampuluh satu ribu sembilan puluh tiga rupiah) ayat (2) “lain-lain sumber modal yang sah antara lain hibah, pinjaman dan atau sumber modal lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Di pasal 12 ada hibah di pasal 13 juga ada hibah, Mohon tanggapan

3.    Berkaitan dengan tranparansi keuangan, bagaimana gambaran postur neraca keuangan PDAM Sleman, bagaimana liquiditasnya setelah penghapusan hutang dari pemerintah pusat, karena hal ini juga terkait dengan audit BPK. Jangan sampai PDAM Sleman masuk kategori perusahan daerah yang tidak sehat, yang bergelut dengan pembayaran cicilan utang pokok bersama bunganya dengan mengandalkan sumber bantuan dari pemerintah daerahMohon tanggapan

4.    Terkait dengan mendadaknya proses pengajuan raperda PDAM Sleman ini, kami merasa prihatin karena tidak sempat untuk melakukan analisis dan kajian maupun studi banding, sehingga kami terkesan tidak punya pilihan kecuali harus menyetujui. Mohon kedepan hal ini dapat dihindari agar tidak menjadi preseden yang tidak baik.

5.    Terkait dengan penghapusan utang pemerintah pusat ini semoga menjadi langkah awal untuk penyehatan keuangan serta peningkatan layanan PDAM Sleman terhadap pelanggan maupun masyarakat, sehingga mampu memperluas cakupan pelayanannya bahkan melakukan ekspansi pelayanan publik dalam penyediaan air bersih. Mohon tanggapan


III. PENUTUP
Rapat Dewan yang Terhormat, dan hadirin yang berbahagia Demikian Pandangan umum Fraksi PKB terhadap Raperda tentang Perubahan Perda Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2010 Tentang PDAM Sleman,  Mohon tanggapan yang proporsional dari Bupati dan  Mohon maaf apabila kami di dalam menyampaikan Pandangan Umum ini ada hal yang tidak berkenan. Akhirnya, semoga Allah SWT meridhoi setiap upaya kita dalam menjalankan amanah rakyat ini. Aamiin.




Akhirul kalam wassalaamu’alaikum Wr, Wb.

Sleman, 8 Desember 2016
DEWAN PERWAKILAN  RAKYAT  DAERAH KAB. SLEMAN
FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (FPKB)






Tri Nugroho,SE
Ketua

Rahayu Widi Nuryani, SH.MH Sekretaris

Post a Comment

 
Top