0

Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sleman bersama Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Sleman telah memprakarsai pembentukan Panitia Rekruitmen Calon Perangkat Desa Kabupaten Sleman yang langsung akan melaksanakan tugasnya dengan amanah dan cepat. Langkah awalnya adalah dengan mengadakan pelatihan dan pendalaman materi kepada kader-kader PKB yang mengikuti pendaftaran Perangkat Desa se-Kabupaten Sleman. Acara tersebut diselenggarakan sejak sebelum dimulainya Musyawarah Desa (Musdes) atau Musyawarah Padukuhan (Musduk) pada tanggal 21 April 2017, yang dikuti oleh calon Perangkat Desa se-Kabupaten Sleman dengan pembekalan awal mengenai tata cara dan aturan-aturan yang berlaku pada pendaftaran Perangkat Desa yang berhubungan dengan Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 beserta turunannya.

Setelah tahapan Musdes atau Musduk, panitia mengadakan try out setiap dua kali dalam seminggu dengan mengerjakan soal-soal pelatihan yang bertempat di rumah ketua DPC PKB Kabupaten Sleman, R. Agus Kholik, S.E,.M.M. Selanjutnya pada tahap pertama yaitu pada tanggal 28 Mei 2017 panitia meningkatkan kapasitas belajar Calon Perangkat Desa dengan  mengudang pemateri dari unsur akademisi untuk memberikan bekal berupa materi tentang Pancasila dan UUDesa beserta soal-soal pelatihan yang meliputi pre-test dan post-test.

Setelah tahap pertama selesai panitia mengadakan pendalaman materi pada tanggal 3 sampai 4 Juni 2017, selama dua hari yang juga merupakan puncak atau acara inti dari pelatihan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Sebelum acara inti dimulai panitia melakukan upacara pembukaan yang dihadiri segenap pengurus DPC PKB, Anggota Dewan FPKB DPRD Kabupaten Sleman, PCNU Kabupaten Sleman beserta Badan Otonomnya yang meliputi Muslimat NU, GP Ansor, Fatayat NU, IPNU dan IPPNU. Sebelum acara pembukaan peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Ya Lal Wathon, Mars PKB dan Hymne PKB.

Dalam pembukaan pelatihan, Ketua PCNU, KH. Drs. Ismail memberikan apresiasi kepada pengurus DPC PKB atas terselenggaranya acara pelatihan tersebut dan sekaligus membuka cara pelatihan tersebut. Sementara itu  Ketua DPC PKB Sleman, R. Agus Kholik, S.E,.M.M memberikan arahan dan semangat kepada perserta pelatihan agar mengikuti  acara demi acara dengan baik.

Dalam pelatihan tahap kedua ini panitia memberikan materi UUD 1945, Pancasila, Bahasa Indonesia dan UUDesa beserta turunannya yaitu mengenai Permendagri, Peraturan Daerah Kabupaten Sleman dan Peraturan Bupati Kabupaten Sleman, melalui nara sumber dari akademisi. Acara diakhiri dengan do'a bersama sesepuh DPC PKB dan Pengurus PCNU Kabupaten Sleman, agar semua usaha yang telah dilakukan mendapatkan ridho dari Allah SWT. 

Post a Comment

 
Top