0

PANDANGAN UMUM
FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
TERHADAP:
RAPERDA TENTANG
PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM KABUPATEN SLEMAN

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Yang kami hormati Saudara Pimpinan Rapat Paripurna
Yang kami hormati Saudara Bupati dan Wakil Bupati Sleman
Yang kami hormati Unsur Forpimda dan Ketua Pengadilan Negeri Sleman
Yang kami hormati Saudara Sekretaris Daerah beserta jajaran Eksekutif,
Yang kami hormati Saudara Rekan-rekan anggota DPRD, rekan Pers, tamu undangan dan hadirin yang berbahagia,

Alhamdulillah, marilah bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Pemurah atas limpahan rahmat, karunia dan berkah dalam kehidupan kita, sehingga kita dapat bersilaturahmi dan dipertemukan kembali dalam rapat paripurna Penyampaian Pandangan umum Fraksi-Fraksi terhadap  Raperda Tentang PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM KABUPATEN SLEMAN pada saat ini  dalam keadaaan sehat wal afiat dan penuh keberkahan.
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada uswah hasanah kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat yang selalu setia mengikutinya dan semoga kelak kita sekalian senantiasa mendapatkan safaatnya. Amin.

Rapat Paripurna Dewan yang terhormat dan hadirin yang berbahagia
Mengawali penyampaian pemandangan umum ini, izinkanlah kami dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa menyampaikan ucapan terima kasih :
·        Yang pertama kepada Saudara Bupati Sleman yang telah menyampaikan Nota Penjelasan atas Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum pada Tanggal 23 Agustus 2018 beberapa hari yang lalu.
·        Yang kedua, kepada Pimpinan Rapat paripurna Dewan yang berkenan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyampaikan: Pemandangan Umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Terhadap Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum.
Sebelum menyampaikan pandangan umum fraksi, kami ingin mengingatkan kembali tentang penertiban papan reklame dan baliho yang bertebaran di Kabupaten Sleman namun menganggu estetika. Selanjutnya perkenankan Kami mengucapkan Selamat kepada Seluruh Atlet dan Official Indonesia atas prestasi Indonesia yang mampu menorehkan sejarah emas dalam  perhelatan Asian Games dengan perolehan 31 emas dan bertengger di posisi 4 sebagai jawara. Semoga semangat Asian Games memberikan motivasi kepada kita untuk selalu meningkatkan kinerja.
          Ke Turi Sepeda Dikayuh,
          Beli Jajanan di Rumah Markonah
          Mari bekerja dengan sunguh-sungguh
          Karena Pekerjaan Kita Adalah Amanah

Rapat Paripurna Dewan yang terhormat dan hadirin yang berbahagia
Setelah mencermati, dan mempelajari Nota penjelasan, draf raperda dan masukan dari berbagai pihak. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa memandang perlu untuk memberikan catatan, pertanyaan dan pernyataan dalam pandangan umum ini terhadap raperda tersebut:


I. PENDAHULUAN
Sebagaimana disampaikan Saudara Bupati dalam Nota Penjelasan atas Raperda Tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Sleman bahwa Raperda ini merupakan pengaturan kembali organ dan kelembagaan PDAM Sleman yang sebelumnya telah diatur dengan Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Sleman Nomor 5 Tahun 1990 tentang Pendirian PDAM Kabupaten Daerah Tingkat II Sleman dan kemudian diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2010 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Sleman. Pengaturan kembali organ dan kelembagaan PDAM Sleman ini merupakan tindak lanjut dari telah diterbitkannya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, yang didalamnya mengatur alternatif bentuk BUMD dan mekanisme pengelolaannya.

II. TANGGAPAN
Berkaitan dengan Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Sleman, Fraksi PKB memberikan pandangan sebagai berikut:
1.    Kami mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemerintah Daerah dalam melakukan pengaturan kembali organ dan kelembagaan PDAM diselaraskan dengan aturan yang ada diatasnya. Pada Undang-undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah juga dijelaskan bahwa bahwa bentuk hukum BUMD terdiri dari Perumda dan Perseroda. Sehingga memang sudah seharusnya semua perusahaan daerah (PD) harus diubah menjadi perusahaan umum daerah (PUD). Mohon Tanggapan
2.    Berkaitan dengan pasal 1 ayat 1 bahwa yang dimaksud dengan: “Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Sleman yang selanjutnya disebut PDAM Tirta Sembada, adalah badan usaha milik daerah yang bergerak di bidang pelayanan air bersih”. Terkait dengan penamaan “Tirta Sembada” kami sangat seutuju, tetapi Penyingkatan Perusahaan Umum Daerah Air Minum dengan PDAM bukan PUDAM menurut kami kurang pas, kenapa Perusahaan Umum Daerah Air Minum tidak disingkat dengan PUDAM saja seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali dengan PUDAM Tirta Ampera-nya. Mohon Tanggapan.
3.    Sebagaimana disebutkan dalam pasal 6 huruf c bahwa tujuan pendirian PDAM Tirta Sembada untuk ”meningkatkan keuntungan Daerah sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah”. Terkait dengan hal tersebut pemerintah daerah perlu menekankan kembali agar pengelolaan PDAM Tirta Sembada dilakukan lebih profesional sehingga kedepan mampu memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah yang lebih besar lagi. Mohon tanggapan
4.    Terkait dengan trobosan diversifikasi usaha yang telah dilakukan oleh PDAM Kabupaten Sleman yang selama ini hanya menjual air minum saja kemudian menjual air mineral dalam kemasan ber merk ‘DAXU”, FPKB memberikan apresiasi, perlu peningkatan kapasitas produksi dan distribusinya. Terbukti belum semua OPD dilingkungan pemerintahan Kebupaten Sleman memakai Daxu, apalagi jejaring yang diluar pemerintahan. Mohon Tanggapan
5.    Terkait dengan masih banyak keluhan dari masyarakat tentang penanganan pembuatan jaringan pipa yang tidak baik diantaranya: 1. Penggalian tanah untuk pemasangan pipa tidak ijin RT dan menyarakat sekitar. 2. Penggalian tanah untuk pemasangan pipa tetapi menutupnya tidak seperti semula, baik cor beton maupun aspal. Mohon Tanggapan

III. PENUTUP
Rapat Dewan yang Terhormat, dan hadirin yang berbahagia, Demikian Pandangan umum Fraksi PKB terhadap Raperda Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Sleman,  Mohon tanggapan yang proporsional dari Bupati
“Perempatan Mlati Tempat Bertemu,
 Melepas Rindu Lama Tak Sua”
“Jawaban Bupati Sangat Kami Tunggu,
Kalo Bisa Jangan Terlalu Lama”
dan  Mohon maaf apabila kami di dalam menyampaikan Pandangan Umum ini ada hal yang tidak berkenan. Akhirnya, semoga Allah SWT meridhoi setiap upaya kita dalam menjalankan amanah rakyat ini. Aamiin.

Akhirul kalam wassalaamu’alaikum Wr, Wb.


Sleman, 03 September 2018
DEWAN PERWAKILAN  RAKYAT  DAERAH KAB. SLEMAN
FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (FPKB)







Tri Nugroho,SE
Ketua

Rahayu Widi Nuryani, SH.MH Sekretaris

Post a Comment

 
Top