0

PANDANGAN UMUM
FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
TERHADAP:
RAPERDA TENTANG
PERSEROAN TERBATAS BANK PERKREDITAN RAKYAT
BANK SLEMAN (PERSERODA)

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Yang kami hormati Saudara Pimpinan Rapat Paripurna
Yang kami hormati Saudara Bupati dan Wakil Bupati Sleman
Yang kami hormati Unsur Forpimda dan Ketua Pengadilan Negeri Sleman
Yang kami hormati Saudara Sekretaris Daerah beserta jajaran Eksekutif,
Yang kami hormati Saudara Rekan-rekan anggota DPRD, rekan Pers, tamu undangan dan hadirin yang berbahagia,

Alhamdulillah, marilah bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Pemurah atas limpahan rahmat, karunia dan berkah dalam kehidupan kita, sehingga kita dapat bersilaturahmi dan dipertemukan kembali dalam rapat paripurna Penyampaian Pandangan umum Fraksi-Fraksi terhadap  Raperda Tentang PERSEROAN TERBATAS BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK SLEMAN (PERSERODA) pada saat ini  dalam keadaaan sehat wal afiat dan penuh keberkahan.
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada uswah hasanah kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat yang selalu setia mengikutinya dan semoga kelak kita sekalian senantiasa mendapatkan safaatnya. Amin.



Rapat Paripurna Dewan yang terhormat dan hadirin yang berbahagia
Mengawali penyampaian pemandangan umum ini, izinkanlah kami dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa menyampaikan ucapan terima kasih :
·        Yang pertama kepada Saudara Bupati Sleman yang telah menyampaikan Nota Penjelasan atas Raperda tentang Perseroan Terbatas Bank Perkreditan Rakyat Bank Sleman (Perseroda) beberapa hari yang lalu.
·        Yang kedua, kepada Pimpinan Rapat paripurna Dewan yang berkenan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyampaikan: Pandangan Umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Terhadap Raperda tentang Perseroan Terbatas Bank Perkreditan Rakyat Bank Sleman (Perseroda) dan teman-teman anggota dewan yang tergabung dalam Pansus II termaksud.
Sebelum kami menyampaikan pandangan umum fraksi perkenankan Kami mengingatkan kembali tentang perlunya menertibkan baliho dan papan reklame yang bertebaran merusak estetika dan mengganggu pemandangan. Selanjutnya dibulan Muharom ini, kami mengucapkan Selamat Tahun Baru 1 Muharom 1440 Hijriah yang kita peringati beberapa hari yang lalu. Tahun baru datang sebagai pengingat untuk melihat apa yang telah kita kerjakan di tahun sebelumnya. Oleh karenanya, awal tahun menjadi awal yang tepat bagi kita untuk memperbaiki diri terhadap apa yang telah diperbuat di masa lalu

Naik pesawat menuju mekkah
Di mekkah menunaikan umroh
Selamat tahun baru hijriyah
Semoga selalu mendapat berkah Alloh
Ada Tiga polsek di Kecamatan Depok
Biarpun pantunnya jelek, semoga tidak kapok


Rapat Paripurna Dewan yang terhormat dan hadirin yang berbahagia
Setelah mencermati, dan mempelajari Nota penjelasan, draf raperda dan masukan dari berbagai pihak. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa memandang perlu untuk memberikan catatan, pertanyaan dan pernyataan dalam pandangan umum ini terhadap raperda tersebut:


I. PENDAHULUAN
Upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam menghadapi meningkatnya pertumbuhan perekonomian yang bergerak cepat, adalah dengan melakukan terobosan-terobosan diberbagai bidang khususnya keuangan daerah, salah satu langkah yang diambil adalah dengan penyesuaian regulasi terkait dengan keberadaan BUMD di Kabupaten Sleman. Salah satu upaya adalah dengan melakukan perubahan terhadap Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2008 tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Sleman. Perubahan tersebut sekaligus untuk menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 94 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah Daerah. Perubahan tersebut selaras dengan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, yang didalamnya mengatur alternatif bentuk BUMD dan mekanisme pengelolaannya.

II TANGGAPAN
Berkaitan dengan Raperda tentang Perseroan Terbatas Bank Perkreditan Rakyat Bank Sleman (Perseroda), Fraksi PKB memberikan pandangan sebagai berikut:
1.    Kami mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemerintah Daerah dalam melakukan perubahan Raperda tentang Perseroan Terbatas Bank Perkreditan Rakyat Bank Sleman (Perseroda) ini agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan diatasnya khususnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 94 Tahun 2017.
2.    Terkait dengan nomor 1, ketika Perusahaan Daerah BPR Bank Sleman akan diubah status hukumnya menjadi Perseroan Terbatas BPR Bank Sleman (Perseroda), maka pembentukan badan hukumnya harus dilakukan mengacu pada ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Mohon Tanggapan
3.    Perubahan yang dilakukan dalam raperda Perseroan Terbatas Bank Perkreditan Rakyat Bank Sleman (Perseroda) dari Perda Nomor 2 Tahun 2008 tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Sleman secara substansi tidak banyak berubah, salah satu perubahan yang harus mendapat perhatian adalah perubahan organ menjadi RUPS, Komisaris dan Direksi. Sehingga dituntut untuk melakukan tugas dan kewajiban secara professional layaknya mengelola sebuah PT. Mohon Tanggapan
4.    Terlakit dengan pengelolaan yang profesioanl dan kompetitif maka tidak terlepas dari pelayanan prima (services excellent) yang terdiri dari 4 unsur pokok (Kecepatan,  Ketepatan, Keramahan, Kenyamanan), jika pelayanan prima tidak bias terwujud maka nasabah akan meninggalkan PT BPR Bank Sleman. Mohon Tanggapan
5.    Untuk mewujudkan BUMD yang maju dan berkembang maka PT BPR Bank Sleman harus menjalin komunikasi sebaik-baiknya dengan seluruh stake holder yang ada di Kabupaten Sleman baik dari unsur pemerintah daerah (OPD) maupun DPRD Kabupaten Sleman. Mohon Tanggapan

III. PENUTUP
Rapat Dewan yang Terhormat, dan hadirin yang berbahagia, Demikian Pandangan umum Fraksi PKB terhadap tentang Perseroan Terbatas Bank Perkreditan Rakyat Bank Sleman (Perseroda),  Mohon tanggapan yang proporsional dari Bupati dan  Mohon maaf apabila kami di dalam menyampaikan Pandangan Umum ini ada hal yang tidak berkenan. Akhirnya, semoga Allah SWT meridhoi setiap upaya kita dalam menjalankan amanah rakyat ini. Aamiin.

Akhirul kalam wassalaamu’alaikum Wr, Wb.


Sleman, 17 September 2018
DEWAN PERWAKILAN  RAKYAT  DAERAH KAB. SLEMAN
FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (FPKB)







Tri Nugroho,SE
Ketua

Rahayu WidiNuryani,SH.MH Sekretaris

Post a Comment

 
Top