0



PANDANGAN UMUM

FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

TERHADAP:
 RANCANGAN PERATURAN DARAH
TENTANG
PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN ANGGARAN 2019


Assalamu ‘alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.
Ykh. Pimpinan Rapat Paripurna
Ykh. Saudara Bupati Sleman
Ykh. Anggota Forpimda dan Ketua Pengadilan Negeri Sleman
Ykh. Saudara Sekretaris Daerah beserta jajaran Eksekutif,
Ykh. Rekan-rekan anggota DPRD, rekan Pers, tamu undangan dan hadirin yang berbahagia,

Alhamdulillah, puji dan syukur Kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan  nikmat, rahmat dan karunia-Nya sehingga Kita dapat bersilaturahim dalam Sidang Paripurna DPRD hari ini. Salawat dan salam senantiasa kita limpahkan kepada junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, para sahabat dan keluarganya, serta para pengikutnya hingga akhir zaman.
Ucapan terima kasih Kami sampaikan kepaada Pimpinan Sidang yang telah memberikan kesempatan kepada Kami untuk menyampaikan Pandangan Umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Perubahan  Kabupaten Sleman Tahun 2019. Demikian pula kami juga mengucapkan terima kasih kepada Saudara Bupati yang telah menyampaikan nota pengantar terhadap Raperda ini pada sidang paripurna tadi pagi, Hari Rabu 24 Juli 2019 dan tidak lupa teman-teman anggota DPRD Kabupaten Sleman yang telah mencermati angka-angka dalam Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sleman 2019 ini, di hari-hari akhir ketugasan sebagai anggota DPRD masa bhakti 2014-2019.
Sebelum kami menyampaikan pandangan umum, perkenankan kami menyampaikan usulan penggunaan lahan kosong didepan Masjid Agung tepatnya ditimur jalan sebagai tempat untuk UMKM menjual produk, atau kantin yang menyediakan makanan bagi pengunjung Masjid, sehingga pedagang asongan yang jualan di seputaran Masjid dapat diminimalisir.

Hadirin Sidang Paripurna Yang Kami Hormati,
Setelah mencermati dan berdiskusi, berkaitan dengan Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sleman Tahun Anggaran 2019, dalam kesempatan ini, akan disampaikan Pandangan Umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa terhadap Raperda tersebut:

I. PENDAHULUAN
          Berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara bahwa anggaran (termasuk di dalamnya APBN maupun APBD) adalah alat akuntabilitas, manajemen, dan kebijakan ekonomi. Sebagai alat akuntabilitas, anggaran berfungsi menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelenggaraan pemerintahan harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi. Sebagai alat manajemen maka anggaran mempunyai asas profesionalitas dan proporsionalitas, sedangkan sebagai instrumen kebijakan ekonomi, anggaran berfungsi untuk mewujudkan pertumbuhan dan stabilitas perekonomian serta pemerataan pendapatan. Konsekuensi bahwa anggaran sebagai alat akuntabilitas, manajemen dan kebijakan ekonomi sudah seharusnya dapat diamati, dan dibahas secara seksama.
          Sebagaimana disebutkan dalam nota pengantar bahwa tujuan penyusunan Nota Keuangan Perubahan APBD tahun 2019 ini adalah menyediakan pedoman pelaksanaan pembangunan daerah bagi satuan kerja perangkat daerah. Dalam perspektif yang lebih luas, penyusunan Nota Keuangan Perubahan APBD tahun 2019 ini dapat digunakan untuk memastikan apakah alokasi anggaran dimaksud sudah selaras dengan rencana pencapaian program pembangunan. Dimana pelaksanaannya merupakan  kelanjutan dari pelaksanaan RPJMD tahun 2016-2021 tentunya diselaraskan dengan sistem perencanaan pembangunan nasional.

II. PANDANGAN UMUM
Berkaitan dengan Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Sleman Tahun Anggaran 2019 maka ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan terutama berkaitan dengan perubahan pendapatan daerah, sebagai berikut:
1.    Kami bisa memahami bahwa sumber utama dari Perubahan APBD tahun anggaran 2019 ini hanya dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran atau (SiLPA), kami juga melihat bahwa kinerja keuangan pemerintah daerah mengalami peningkatan dilihat dari turunnya SiLPA menjadi 403,04 miliar jika dibandingkan dengan SiLPA tahun 2018 sebesar 499 milyar, artinya ada peningkatan serapan anggaran tinggi pada APBD tahun 2019.
2.    Dari sisi pendapatan daerah kami mengusulkan perlunya dorongan peningkatan pendapatan dengan optimalisasi sumber-sumber pendapatan daerah sekaligus intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan tersebut. Dari sisi belanja daerah perlu didorong SKPD melakukan efisiensi namun harus selaras dengan kebijakan umum belanja daerah yang diprioritaskan untuk menunjang efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD), sebagai contoh penggunaan air minum DAXU produk dari PDAM Sleman.
3.    Pada Rancangan P-APBD anggaran 2019 ini, masih dominan pengeluaran pembiayaan untuk penyertaan modal BUMD sebesar 63,01 milyar rupiah yang artinya 15.6 % dari total 403,04 miliar, sebuah angka yang cukup besar disaat SKPD-SKPD mengalami pemangkasan anggaran. Meskipun hal tersebut bisa dimaklumi ketika pembagian laba sebanding dengan jumlah rupiah yang telah digelontorkan untuk BUMD melalui suntikan modal penyertaan modal. Mohon tanggapan.






III. PENUTUP
Hadirin Sidang Paripurna Yang Kami Hormati,
Sebagai penutup kami menyampaikan pentingnya akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan pengelolaan keuangan daerah. Dengan transparansi dan akuntabilitas tersebut diharapkan akan dapat meminimalisir potensi penyimpangan dan kebocoran APBD yang berdampak pada rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat. Kita semua berharap, transparansi dan akuntabilitas kinerja keuangan daerah yang tercermin dalan Raperda ini  akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sleman.
Demikian Pandangan umum Fraksi PKB terhadap Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sleman Tahun Anggaran 2019,  Mohon tanggapan yang proporsional dari Saudara Bupati dan  Mohon maaf apabila kami di dalam menyampaikan Pandangan Umum ini ada hal yang tidak berkenan.
Akhirnya, semoga Allah SWT meridhoi setiap upaya kita dalam menjalankan amanah rakyat ini. Aamiin.

Akhirul kalam wassalaamu’alaikum Wr, Wb.

Sleman, 24 Juli 2019
DEWAN PERWAKILAN  RAKYAT  DAERAH KAB. SLEMAN
FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (FPKB)









Tri Nugroho,SE
Ketua


Rahayu Widi Nuryani, SH.MH Sekretaris

Post a Comment

 
Top