0

Santri Pulang Kampung Kena Screening Corona, 10 Masuk ODP - JPNN.com

Fraksi PKB DPRD Kabupaten Sleman melalui Ketua Fraksi FPKB Rahayu Widi Nuryani, SH.,MH melakukan koordinasi dengan PCNU Kabupaten Sleman terkait dengan penanganan para santri Pondok Pesantren di Kabupaten Sleman pasca lebaran menjelang dimulainya pembelajaran (awal sanah) di pondok pesantren yang biasanya di mulai di bulan Syawal.
Pembahasan aktivitas pesantren pasca lebaran dan persiapan new normal tersebut diwakili oleh pengurus Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) lembaga yang mengurusi pondok pesantren, sebagaimana disampaikan oleh RMI bahwa ada sekitar 142 Pondok Pesantren dengan jumlah santri lebih dari 13.000 di kabupaten Sleman yang terdampak Covid19. Fraksi dan PCNU Sleman sepakat jika pemerintah harus hadir untuk melindungi para santri di Kabupaten Sleman, dan Fraksi PKB berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman.

Salah satu usulan dalam koordinasi tersebut adalah dengan membuat protokol pesantren baik penanganan kedatangan santri dari luar daerah maupun proses pembelajaran di pondok pesantren pada masa pandemi Covid19 ini, dengan fasilitasi Pemerintah daerah Kabupaten Sleman. Beberapa pesantren bahkan belum berniat untuk memanggil kembali santrinya hingga masa tanggap darurat selesai dan ditetapkannya new normal di Kabupaten Sleman..
"Pemerintah diharap segera membuat rencana penanganan terhadap santri-santri pondok pesantren dan memfasilitasi adanya protokol new normal life untuk kalangan pesantren, baik dalam bentuk regulasi, penganggaran dan infrastruktur," terangnya, terang Wiratno, mewakili RMI Kabupaten Sleman.
Saat ini RMI sedang mendata para ustad dan guru pesantren yang terkena dampak langsung Covid-19 untuk diberikan tali asih kado lebaran untuk guru ngaji, donasi bekerjasama dengan para donatur peduli pesantren.
RMI juga menyampaikan hendaknya pemerintah melibatkan kalangan ormas yang memiliki jaringan akar rumput kuat untuk mesosialisasikan konsep new normal di Kabupaten Sleman tersebut khususnya Nahdlatul Ulama, Fraksi PKB yang notabene yang konstituennya adalah nahdliyin siap mengawal aspirasi RMI tersebut.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top